Mohon izin bertanya. Memang ada sekolah pemadam kebakaran? kalau ada tolong dijelaskan dimana, dan syarat nya apa saja untuk masuk di sekolah pemadam kebakaran nya. Terima kasih.


Tahun 2018 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka program studi (prodi) baru, yaitu S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran (RKK). Jalur masuk kedua prodi tersebut dapat melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Surat Keputusan (SK) pendirian kedua prodi tersebut sudah dikeluarkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) sejak 2017.

Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran

Fakultas Teknik (FT) UNJ sudah merintis pembuatan prodi ini sejak 2011. Mulanya FT membuat Nota Kesepahaman dengan pihak Pemadam Kebakaran Daerah Khusus Ibu Kota (Damkar DKI) pada 2010. Kemudian lahirlah konsentrasi teknik keselamatan dan proteksi kebakaran (fire protection and safety engineering) di Prodi Teknik Mesin. Konsentrasi tersebut yang menjadi cikal bakal Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran (RKK). Di Indonesia, prodi tersebut terbilang baru karena belum ada lulusan RKK di Indonesia. UNJ menjadi universitas pertama yang mendirikan prodi ini.

Catur Setiawan selaku Dosen Prodi RKK mengatakan bahwa pembuatan prodi baru ini memakan waktu yang cukup lama karena nama dari prodi tersebut belum ada di situs daring Menristekdikti. Pihak UNJ harus mengajukan nama prodi terlebih dahulu kepada pihak Menristekdikti. Pengajuan pembuatan prodi ini juga sempat terhambat oleh moratorium pembukaan prodi oleh Menristekdikti pada 2014 yang kemudian dibuka kembali pada 2015. Dikti mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembukaan Prodi RKK pada 2017.

Di beberapa kampus, terdapat juga prodi yang mirip dengan RKK, yaitu Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Perbedaannya, jika K3  merupakan rumpun ilmu yang membahas tentang keselamatan kerja, sedangkan RKK lebih spesifik membahas tentang keselamatan kebakaran. Selain itu, RKK juga memberikan penyuluhan tentang keselamatan pertama pada kebakaran. Dengan kegiatan tersebut diharapkan pula RKK dapat dikenal di lingkungan masyarakat.

Prodi tersebut sudah memenuhi kelengkapan syarat pembentukan prodi baru yang sudah ditetapkan dari Menristekdikti. RKK memiliki enam dosen yang berasal dari lintas prodi, misalnya Kimia, Material Bangunan, Teknik Sipil, Manajemen, dan lain-lain mengingat belum adanya lulusan khusus rekayasa keselamatan kebakaran di Indonesia. Prodi RKK sudah memiliki laboratorium fire di UNJ. Kelas yang akan dipakai oleh prodi baru ini adalah ruang-ruang kelas yang berada di FT dan ruang kelas bersama seperti GDS dan GRK.

Karena baru menginjak tahun pertama pembukaan prodi, RKK hanya akan menerima mahasiswa sekitar 30-40 orang yang akan ditampung dalam satu kelas. Gelar yang akan diperoleh oleh lulusan RKK adalah ST karena prodi ini adalah prodi S1 ilmu murni.

Sedangkan untuk menjadi Pegawai DPKP Provinsi DKI Jakarta, harus melalui seleksi penerimaan. Setelah dinyatakan lulus, peserta wajib mengikuti Diklat Damkar ! yang diadakan di Pusdiklatkar Ciracas Jakarta Timur. Terima kasih.

 

(-)
<p>Pak izin bertanya untuk akhir tahun ada penerimaan PHL DAMKAR lagi untuk akhir tahun ? terima kasih.</p>
<p>Untuk penerimaan pegawai DPKP Provinsi DKI Jakarta akan diumumkan di Website jakartafire.net atau media sosial DPKP Provinsi DKI Jakarta. Terima kasih.</p> (-)
<p>pak izin nanya rekrutmen cpns damkar pada tahun 2011 harus dari lulusan stm / smk teknik tapi sekarang kok phl lulusan sekolah apa saja bisa</p>
<p>Selamat pagi,</p> <p>Terima kasih atas pertanyaan yang saudara sampaikan. Untuk saudara ketahui, syarat penerimaan Petugas Operasional PHL Damkar berubah untuk memberikan kesempatan yang sama untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat, dan diutamakan KTP DKI Jakarta.</p> <p>Mudah-mudahan informasinya bermanfaat.</p> (-)
<p>Selamat pagi jakfire, kapan ada pembukaan lowongan petugas damkar untuk tahun 2018? tetapi untuk yang non phl? Terima kasih.</p>
<p>Selamat Pagi Kak Endah Winarni, untuk saat ini pembukaan penerimaan petugas damkar non PHL belum ada. Untuk informasi penerimaan petugas damkar semua di umumkan melalui website www.jakartafire.net dan akan dipublikasin secara luas. Demikian, mudah-mudahan sudah cukup jelas. Salam Yudha Brama Jaya.</p> (-)
<p>halo, saya ingin bertanya tentang rekrutmen PHL untuk tahun 2018 apakah masih akan dibuka? Karena saya terlambat untuk lowongan desember 2017 kemarin...terimakasih.</p>
<p>Selamat pagi Fajar, untuk tahun ini penerimaan PHL tenaga Operasinal Pemadam sudah selesai. Untuk informasi penerimaan bisa diakses di www.jakartafire.net</p> (-)
<p>Halo, saya ingin bertanya mengenai sistem shift kerja di damkar secara umum, terimakasih</p>
<p>Untuk sistem kerja Petugas Personil Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta ada tiga group Jaga setiap jaga masing-masing group jaga melakukan penjagaan 1x24 jam dari Pukul 08.00-08.00 Wib Esok Harinya,</p> <p>sedangkan staff Senin-Jumat masuk pukul 08.30-16.30 Wib</p> (-Bidang Pencegahan Kebakaran Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat)
<p>sore, saya samuel saya lulusan smk jurusan otomotif apakah pengrekrutan PHL Tenaga Operasional bulan april 2017 masih ada lowongan</p>
<p>untuk Rekrutmen bulan ini ataupun tahun ini belum ada, biasanya rekrutment akan di informasikan melalui website rekrutmen.jakarta.go.id ataupun jakartafire.net</p> (-Bidang Pencegahan Kebakaran Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat)
<p>Selamat malam JakFire, mau tanya gimana tuh cara jadi anggota Damkar ? Terima Kasih</p>
<p>-Terima Kasih, Atas Pertanyaan sdra Mulia Brilian, untuk terkait lowongan di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta diinformasikan melalui website Jakartafire.net seperti tahun Tahun 2016 pengrekrutan PHL Tenaga Operasional, atau bisa dilihat di rekrutmet.jakarta.go.id untuk lowongan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta </p> (-Bidang Pencegahan Kebakaran Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat)
<p>Pagi, saya Lita lulusan SMK jurusan administrasi perkantoran. Apakah untuk saat ini, (maret 2017) ada lowongan di damkar ? Terima kasih</p>
<p>-Terima Kasih Atas Pertanyaannya sdri Lita, Untuk saat ini rekrutmen di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta belum ada lowongan pekerjaan untuk informasi bisa di lihat diwebsite rekrutmen.jakarta.go.id atau jakartafire.net terima kasih</p> (-Bidang Pencegahan Kebakaran Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat)
<p>Selamat siang team jakarta Fire. saya dari PT. Pelabuhan Indonesia (persero) cabang tanjung Priok. saat ini kami sedang mengadakan instalasi untuk fire hydrant.. saya ingin tau update terbaru untuk biaya sertifikasi sistem pemadam kebakaran DKI. Terima kasih</p>
<p>Selamat Pagi, Terima Kasih Kepada Sdra/Sdri Vicky.Y.P atas pertanyaannya, kami mohon maaf baru dapat membalas surat warga ini terkait sedang perbaikan website kami, silahkan bisa langsung datang ke Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provnisi DKI Jakarta tepatnya ke bidang pencegahan</p> (Bidang Pencegahan Kebakaran Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat )
<p>Selamat malam tim Jakarta Fire. saya mahasiswa semester akhir yang ingin melakukan penelitian untuk skripsi saya mengenai analisis bahaya pada petugas pemadam kebakaran jakarta barat. bagaimana proses untuk peerizinan untuk pengambilan data dan wawancara thd pihak petugas? terimakasih</p>
<p>Kepada Sdra/ri Allysa</p> <p>terkait informasi dan perizinan pengambilan data, buatakan surat permohonan data terkait skripsi yang di tujuan ke Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.</p> <p>Terima Kasih</p> (-Bidang Pencegahan Kebakaran)
<p>Saya mahasiswi semester akhir yg ingin melakukan skripsi mengenai evaluasi sistem keselamatan bangunan dan membutuhkan informan ahli untuk wawancara mengenai sistem proteksi gedung, ke bagian mana saya harus datang untuk dapat melakukan wawancara? terimakasih sebelumnya..</p>
<p>Kepada Saudari Devina, Silahkan datang langsung ke Bidang Pencegahan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta yang berada di Jalan KH.Zainul Arifin No.71 Jakarta Pusat.</p> (Bidang Partimas)
<p>Dear Dinas Kebakaran DKI Jakarta, Mohon izin untuk merepotkan , saya di tugas untuk mengetahui apakah istilah resmi dalam bahasa inggris untuk dinas kebakaran DKI jakarta dan saya sudah coba mencari di internet dan tidak menemukannya , mohon untuk pencerahannya. Sebelum nya saya ucap terima kasih banyak atas di perhatikannya surat ini. Salam dan terima kasih, Wahyu Widi</p>
<p>Kepada Saudara Wahyu Wid untuk istilah resmi dalam bahasa inggrisnya Dinas Damkar sekarang Fire and Rescue Departement</p> (Bidang Partimas)
Apakah saya bisa mendapatkan kontak orang yang bisa diwawancarai mengenai masalah kebakaran? Terima kasih
Kepada Sdri vrisca bisa langsung saja datang ke kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Prov.DKI Jakarta yang berada di Jl.KH.Zainul Arifin No.71 lantai 3. terima kasih (Bidang Partimas)
Kejadian pukul 00.14
Kepada Sdra Rando Mohon Maaf, tapi Itu kejadian TANGGAL berapa? dan kejadian dimana? biar kami tindak lanjuti langsung ke tingkat pimpinan (Bidang Partimas)
Selamat pagi, Saya mahasiswa Tingkat Akhir , saya ingin bertanya adakah rekrutment damkar untuk Sarjana Akuntansi? terima kasih, EP
Kepada Saudara/i, Endra Pradika, Kpd Saudara/i Achmad Rifai, untuk permohonan lowongan pada tahun 2016 belum ada penerimaan, tetapi untuk tahun 2017 akan ada penerimaan PHL yang masih dalam proses pergub. (Bidang Partimas)
Pak mohon maaf mengganggu, untuk keaktifan anggota balakar itu kapan ya ? Dan setelah aktif apakah harus membuat rekening bank dki dikarnakan mendapat info mendapat honor apa bener pak ? Terima kasih atas waktunya pak
Kepada Sdra Arman, kegiatan piket Balakar di tahun 2016 akan di laksanakan pada pertengahan bulan maret melalui Sudin masing-masing, untuk tahun ini hanya disiapkan makan dan minum saja. pada tahun 2017 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Prov.DKI Jakarta merencanakan untuk pengadaan tenaga kerja kontrak dengan upah UMP. (Bidang Partimas)
assalam\'ualaikum wr.wb saya luthfi, saya ingin bertanya tahun ini apakah ada pelatihan untuk menjadi anggota pemadam kebakaran? dan untuk persyaratannya apa saja? karna saya ingin sekali bergabung menjadi anggota pemadam kebakaran, saya ingin ikut membantu masyarakat yang sedang dalam musibah mohon responnya terima kasih
Kepada Sdra Luthfi Pratama, pelatihan untuk anggota pemadam kebakaran di lakukan setelah rekrutmen / penerimaan, untuk tahun ini di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Prov.DKI Jakarta belum ada rekrutmen pegawai. (Bidang Partimas)
Selamat siang Bapak/Ibu terhomat, saya Albert Budiman mahasiswa desain grafis dari Universitas Multimedia Nusantara sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir \"Perancangan Kampanye Sosial Listrik Aman\" yaitu sosialisasi penggunaan atau pengoperasian alat-alat listrik yang aman agar terhindar dari korsleting arus listrik dengan demikian hal tersebut membutuhkan data kebakaran yang disebabkan oleh korsleting arus listrik, tanpa mengurangi rasa hormat bolehkah saya mengajukan permohonan pengumpulan data tersebut lewat surat ini atau jika diperkenankan bisakah saya menemui Bapak/Ibu? Jika iya, saya harus menemui kepada siapa dan alamat tersebut? Terima kasih.
Kepada Saudara/i Albert Budiman, jika ingin membutuhkan data kebakaran silahkan membuat surat permohonan kepada Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Prov.DKI Jakarta Jl.KH.Zainul Arifin No.71 Jakarta Pusat (Bidang Partimas)
Permohonan Lowongan
Kpd Saudara/i Achmad Rifai, untuk permohonan lowongan pada tahun 2016 belum ada penerimaan, tetapi untuk tahun 2017 akan ada penerimaan PHL yang masih dalam proses pergub. (Bidang Partimas)

Create Account



Log In Your Account