Kebakaran Hutan California Hanguskan 8.000 Hektare, 7.800 Warga Mengungsi

Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat ( AS), membuat lebih dari 2.200 petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Kebakaran terjadi pada Senin (3/8/2020) di California selatan, dan mengancam ribuan orang serta rumah-rumah di sisi timur Los Angeles. Kebakaran yang disebut Apple Fire ini bermula pada Jumat (31/7/2020) di dekat kota San Bernardino.

Sejauh ini api telah membakar lebih dari 8.000 hektare lahan, dan kepulan asap terlihat dari berkilo-kilometer jauhnya. Dinas Kehutanan Amerika Serikat mengatakan, kebakaran dipicu oleh rendahnya kelembaban dan suhu tinggi. Kemudian AFP memberitakan, hampir 7.800 orang diungsikan dari 2.600 rumah. Pihak berwenang mengatakan, belum diketahui kapan mereka bisa kembali ke rumah masing-masing.

Pada Senin sekitar 2.260 pemadam kebakaran diterjunkan, yang dibantu helikopter, pesawat pengangkut air, dan truk. Setelah tak mampu menjinakkan api pada Minggu sore, para petugas damkar dapat memadamkan 5 persen kebakaran hari ini. Belum ada jumlah korban yang dilaporkan, dan satu-satunya kerusakan sejauh ini adalah dua gedung dan satu rumah.

Tepian api dilaporkan membakar bukit-bukit berbatu yang sulit dijangkau petugas damkar. Fernando Herrera kepala damkar di Riverside County mengatakan, lebatnya hutan memicu kebakaran mendekati area permukiman, sedangkan iklim yang panas dan kering membuat api tetap berkobar. Para pihak berwenang melanjutkan, kebakaran itu mungkin disengaja dan penyelidikan masih berlangsung.