Ini Cara PPBK Kabupaten Malang Tekan Kebakaran

08 Nov 2017
By: Dwi Septiyanto | Rabu, 08 Nevember 2017 | Pukul 14.39 WIB / www.jawapos.com

UPT Penanggulangan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran (PPBK) Kabupaten Malang mencatat, angka kebakaran di wilayah kerjanya mengalami penurunan signifikan sejak 2015 hingga 2017.

Tercatat, ada 58 kejadian kebakaran pada 2015. Jumlah itu menurun menjadi 48 insiden pada 2016. "Tahun ini, hingga hari ini tercatat 39 kejadian," kata Kasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Nurul Kusnaeni kepada jawapos.com, Rabu (8/11).

Pria yang akrab disapa Lulun itu memaparkan, salah satu upaya yang dilakukan untuk terus menekan angka kebakaran adalah dengan memberikan pelatihan kepada Linmas, perangkat desa hingga masyarakat. Adapun bentuk pelatihannya berupa pemadaman sederhana jika terjadi kebakaran. Selain itu, pelatihan prosedur pelaporan jika terjadi kejadian kebakaran.

Pemberi pelatihan ke desa-desa dengan melibatkan Linmas sudah dilakukan sejak 2015. Hasilnya, kebakaran dapat ditekan dan diantisipasi. "Kebakaran dapat ditekan dengan kami memberikan wawasan kepada masyarakat, bagaimana cara menekan musibah kebakaran dan menanggulangi bencana ini," imbuh mantan pemain sepakbola ini.

Pelatihan yang diberikan dikemas dalam bentuk simulasi, dimana seolah-olah terjadi kebakaran hebat di salah satu desa. Salah satu bangunan besar terbakar hebat, kemudian warga melaporkan kejadian ini kepada perangkat desa dan meneruskan ke TNI serta Polri setempat. Kedua unsur itu kemudian melaporkan kejadian kepada PPBK dan dilanjutkan dengan aksi pemadaman.

Sebelum api membesar, warga diberi pengetahuan untuk memadamkan secara sederhana. Misalnya dengan APAR (alat pemadaman api ringan) atau goni basah. "Sudah digelar di desa-desa. Hampir seluruh desa mendapatkan pembekalan ini. Hasilnya dapat menekan angka kebakaran," tegas dia.


Create Account



Log In Your Account