Panti Jompo di Hokkaido Terbakar, 11 Lansia Tewas

09 Feb 2018
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 15.00 WIB / http://news.liputan6.com

Jakarta - Sebuah panti jompo terletak di kota Sapporo, pulau Hokkaido, sebelah utara Jepang terbakar pada Rabu (31/1) malam. Akibat insiden itu, 11 orang orang dilaporkan tewas sementara lima orang lain berhasil diselamatkan. "Tiga dari korban selamat sudah dibawa ke rumah sakit namun beruntung kondisinya tidak mengancam jiwa. Saat ini kami masih mengidentifikasi korban tewas," kata polisi setempat, dikutip dari laman Reuters, Rabu (1/2). Kobaran api melahap gedung bertingkat tiga yang dikelilingi salju itu. Hingga pagi, bangunan tersebut hanya tersisa puing-puing yang sudah menghitam. Saat ini, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Petugas damkar berusaha memadamkan kebakaran

Fasilitas tersebut dikelola oleh sebuah organisasi Sapporo yang khusus bertugas membantu kesejahteraan warga lanjut usia di wilayah tersebut. Organisasi tersebut memberi bantuan pangan dan bantuan lain kepada warga di sana. Para penyewa diwajibkan membayar USD 330 atau Rp 4,4 juta untuk satu tempat. Harga tersebut dinilai merupakan biaya sewa paling murah di Jepang. Kebakaran melanda panti jompo bukan pertama kali terjadi di Jepang.

Proses pemadaman hingga malam

Jepang memiliki presentase penduduk lansia yang cukup besar. Lebih dari 35 juta orang Jepang atau lebih dari 27,8% dari total penduduk berusia di atas 65 tahun tahun lalu. Jumlah ini naik dari 21,5% dari 10 tahun yang lalu, data pemerintah menunjukkan. Pada Maret 2010 lalu, rumah jompo di Sapporo kebakaran hingga menyebabkan tujuh lansia kehilangan nyawa.


Create Account



Log In Your Account