Petugas Damkar DKI Jakarta Selamatkan Warga di Kebakaran Taman Kota

30 Mar 2018
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 23.00 WIB / Seksi Publikasi dan Partimas DPKP Provinsi DKI jakarta

Jakarta - (30/03) Dua anggota damkar atas nama Rifai Huda (37) dan Novirahman (38) mengalami  luka bakar saat berusaha menyelamatkan warga dari kobaran api.

Saat itu, keduanya nekat masuk dalam rumah warga yang di mana memang ada empat orang masih terjebak, di antaranya ada seorang kakek berusia lanjut (usia) dan seorang anak. Keduanya berhasil menolong dua orang keluar dengan selamat, sedangkan dua lainnya masih berada di rumah yang terkepung api. Kedua petugas itu spontan melepas jaket anti panas mereka dan memberikan kepada korban.



Novi menolong lansia itu, sementara Rifai menolong yang anak kecil. Saat menuju pintu keluar, api langsung menutup. Kedua tubuhnya terkena bara dan tetesan plastik panas sehingga kulitnya alami luka bakar. Rifai dan Novirahman adalah anggota damkar yang bertugas menyelamatkan korban bukan memadamkan kebakaran. Mereka berdua berhasil menyelamatkan korban keluar dari kobaran api, akan tetapi karena memakaikan Fire Jaketnya ke korban, badan Rifa'i terkena api dan mengalami luka bakar sekitar 60% di tubuhnya, sedangkan Novi mengalami luka bakar 20% dikaki dan tangannya.

Kedua anggota damkar yang terluka langsung ditangani setelah kejadian, awalnya mereka dilarikan ke RS Puri Kembangan, tetapi karena keterbatasan alat dirujuk ke RCSM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).

Kedua korban yang ditolong oleh mereka dalam kondisi selamat.


Create Account



Log In Your Account