Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Bersama KTCI (Komunitas Toyota Calya Indonesia )

01 Apr 2018
By: Mulat Wijayanto | Pukul 15.10 WIB | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta /

Jakarta, 01 April 2018, Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) Chapter Jakarta Raya, mengadakan kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana kebakaran yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Sektor IV Taman Sari, Jakarta Barat. Pada kegiatan tersebut keluarga member KTCI sejumlah 60 peserta (anak-anak dan dewasa) berkumpul di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Sektor IV Taman Sari, Jakarta Barat.

Rangkaian kegiatan dilakukan disana, dan banyak pengetahuan yang didapat dalam hal penanggulangan bencana kebakaran. Acara yang dilaksanakan beberapa jam ini dibuka oleh sambutan dari pihak Pemadam Kebakaran Taman Sari, sambutan dari pengurus KTCI Chapter Jakarta Raya dan Sambutan dari Pengurus Pusat KTCI. Rangkaian acara dimulai setelah sambutan dimana dilakukannya penjelasan mengenai peralatan operasional pemadam kebakaran, uniform pemadam kebakaran pada saat melakukan pemadaman dan penyelamatan, hingga praktek langsung penanggulangan bencana kebakaran, praktek ini di bawakan secara menarik dan tidak membosankan dari pihak pemadam, dimana peran serta istri, anak dan suami terlibat didalamnya.

Mulai dari cara memadamkan api apabila terjadi masalah di rumah, khusunya Ibu-ibu di dapur, hingga mengajarkan bagaimana cara menangani masalah kebakaran di awal sebelum pihak petugas pemadam datang ke lokasi bencana.

Yang paling menarik dan sesuai dengan bidang otomotif di komunitas kami (KTCI) adalah bagaimana cara menangani apabila sewaktu-waktu kendaraan kita mengalami masalah konsleting kelistrikan hingga terjadinya percikan api, hal tersebut juga dipraktekan langsung oleh para member KTCI dan Tim Pemadam Kebakaran. Selain itu, para peserta diajarkan juga bagaimana tindakan awal penanggulangan kebakaran, tidak luput anak-anak para member juga diajak bermain mengenal apa sebenarnya tugas pemadam kebakaran, dalam kegiatan ini anak-anak diajak untuk bermain flying fox, diajak keliling kota tua dengan naik mobil pemadam kebakaran, hingga diberitahukan resiko bahayanya apabila anak-anak bermain dengan api dan dianjurkan tidak bermain korek api / petasan.

Dalam kegiatan tersebut tampak keceriaan anak-anak saat diajak berkeliling dan menjadi seorang pemadam kebakaran.

Dalam sambutannya om Adi (KTCI Chapter Jakarta Raya) menyatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program chapter yang mencoba memberikan pendidikan bagi keluarga member beserta member mengenai bencana kebakaran.

Endra Sulihin selaku koordinator kegiatan memberikan apresiasi kepada KTCI karena sangat peduli akan bahaya kebakaran, dan kami bisa memberikan banyak ilmu mengenai penanggulangan kebakaran tersebut kepada masyarakat, khususnya KTCI yang telah membuat program sosialisai ini, baru KTCI dari komunitas otomotif yang mengadakan kegiatan seperti ini di wilayah kerja kami yaitu Jakarta Barat, kami berharap kedepan ilmu penanggulangan kebakaran yang didapat bermanfaat dan bisa diaplikasikan di lingkungan masyarakat dan semakin banyak komunitas, organisasi masyarakat yang bekerjasama dengan kami mengenai program sosialisai penanggulangan bencana kebakaran ini.

Diakhir kegiatan tersebut dari pihak Pemadam Kebakaran dan KTCI saling memberikan cinderamata, dari Pemadam Kebakaran memberikan berupa buku cerita animasi anak-anak tentang bahaya kebakaran, tak lupa ditutup dengan doa dan sesi foto bersama.

 

 


Create Account



Log In Your Account