Pemkot Jakpus Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Kebakaran

26 Apr 2018
By: Dwi Septiyanto | Pukul 14.00 Wib / Seksi Pengendali Kebakaran dan Penyelamat Sudin Damkar Jakarta Pusat

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat hari ini menggelar simulasi evakuasi bencana kebakaran dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana. Para pegawai juga diberi pelatihan cara menangani bencana kebakaran dan cara menggunakan alat.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengatakan, melalui pelatihan ini kita bisa melihat semua alat proteksi gedung berfungsi dengan baik.

Menurut Mangara, para pegawai diajarkan tentang tata cara menyelamatkan diri serta menggunakan alat dalam menghadapi kebakaran di lingkungan kantor wali kota sebelum petugas pemadam datang. Seperti cara mengatasi kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan yang tersedia disetiap ruangan yang berada di kantor wali kota, tabung gas bocor karena tentunya ada ruang pantry, kompor meleduk, serta cara pemadaman kebakaran menggunakan alat tradisional yang ada disekitar.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Pusat, Hardisiswan mengatakan, untuk pelatihan ini intinya kembali mengingatkan fungsi manajemen keselamatan kebakaran gedung (MKKG) sehingga meraka siap apabila terjadi bencana khususnya kebakaran.

Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana kita juga melaksanakan di beberapa lokasi seperti di gedung balaikota, gedung BMKG, gedung basarnas,dan gedung kementrian kelautan.

"Fungsi MKKG tak hanya pada saat terjadi bencana saja, tetapi juga memastikan seluruh alat proteksi gedung berfungsi dengan baik seperti pompa, alarm, setiap tahunnya tentunya kita lakukan pemeriksaan secara berkala gedung wali kota ini " tandasnya.


Create Account



Log In Your Account