Gedung Pusat Niaga Arena JIEXPO PRJ Terbakar, 24 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan

05 Jun 2018
By: Mulat Wijayanto | Pukul 09.15 WIB | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta /

Jakarta – Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau bisa disebut Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Walaupun dinamai "pekan", biasanya berlangsung selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli untuk memperingati hari jadi kota Jakarta. Sesuai dengan berita yang diterima oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta pada Selasa, 5 Juni 2018 tepat pukul 17.10 WIB, terjadi kebakaran di kawasan Pekan Raya Jakarta (PRJ) Gedung Pusat Niaga Arena JIEXPO yang beralamat di Jalan Benyamin Sueb Kelurahan Kemayoran Kecamatan Kemayoran wilayah Jakarta Pusat.

Terlihat asap tebal dan juga ada beberapa korban yang terjebak di atap gedung tersebut. Banyak pengunjung yang panik akibat kebakaran tersebut. Pengerahan awal mobil pemadam kebakaran sekitar 11 unit menuju titik kebakaran. Unit mobil pemadam kebakaran tiba pukul 17.12 WIB. Langsung disegerakan proses pemadaman serta evakuasi korban yang terjebak di atap gedung. Dari kronologis yang di dapatkan, sejak karyawan proyek gedung sedang dalam waktu istirahat kemudian melihat adanya api yang menyala di lantai 7, karyawan sempat berusaha memadamkan api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Namun gagal dan volume api semakin membesar. Gedung yang terbakar adalah gedung yang masih dalam tahap renovasi di pembangunan kawasan Pekan Raya Jakarta.

Karena dari pengerahan 11 unit pemadam kebakaran belum mampu menguasai volume api maka pengerahan unit ditambahkan menjadi 13 unit diantaranya mobil jenis Bronto Skylift yang ada di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta. Total dari seluruh pengerahan unit mobil pemadam kebakaran adalah 24 unit. Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Bapak Subejo ikut memantau proses pemadaman dan evakuasi korban.  

Setelah proses pemadaman selama ± 3 jam, maka api bisa dikuasai oleh pasukan pemadam kebakaran. Terdapat 5 orang korban yang terjebak di lantai 5 sudah berhasil di evakuasi dalam keadaan baik.

 


Create Account



Log In Your Account