Menurut Diskar PB Kota Bandung, Selama Bulan Ramadhan 1439 H Ada 38 Peristiwa Kebakaran

12 Jun 2018
By: Mulat Wijayanto | Pukul 15:47 WIB | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta / http://jabar.tribunnews.com | Ragil Wisnu Saputra

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat jumlah peristiwa kebakaran selama bulan Ramadhan 1439 H mencapai 38 kejadian.

Dari 38 kejadian itu, dilaporkan tidak ada korban jiwa. Kejadian kebakaran hanya menyebabkan kerugian material. Menurut Kepala Diskar PB Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, kejadian yang telah ditangani itu 25 kejadian berada di wilayah Kota Bandung dan 13 kejadian lainnya berada di wilayah Kabupaten Bandung. Rata-rata penyebab kejadian kebakaran berasal dari hubungan arus pendek listrik, kompor dan tabung gas elpiji.

"Dari 15 Mei hingga 10 Juni kami mencatat 38 kejadian. 13 di luar Kota Bandung namun kami membantu memadamkan api," ujar Ferdi kepada Tribun via telepon, Selasa (12/6/2018).

Berkaca dengan angka kejadian kebakaran selama bulan ramadan itu, masyarakat diimbau untuk lebih teliti memeriksa barang-barang yang berhubungan dengan arus listrik atau api. Terlebih, kata Ferdi, menjelang hari raya idul fitri banyak masyarakat yang meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama untuk perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Pastikan TV, setrika, AC, Komputer, Kipas angin, alat-alat elektronik lainnya sudah dimatikan. Jangan lupa periksa kompor beserta tabung gasnya. Pastikan tidak menyala saat pergi," kata dia.


Create Account



Log In Your Account