Parahnya Kebakaran California, 17 Orang Hilang, Ratusan Bangunan Hancur

30 Jul 2018
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 08.00 WIB / https://international.sindonews.com/

CALIFORNIA - Kebakaran hutan di California Utara, Amerika Serikat (AS) semakin parah. Hingga saat ini, dua petugas pemadam kebakaran tewas dan 17 orang lainnya dinyatakan hilang.

Kebakaran hebat ini juga menghancurkan ratusan bangunan dan memaksa puluhan ribu penduduk melarikan diri dari rumah mereka.



Lebih dari 38.000 orang di Redding dan di tempat lain di Shasta County telah diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka setelah area yang dilanda kebakaran meluas hingga 32.740 hektare.

Para pejabat California memperingatkan bahwa perintah evakuasi lebih lanjut akan dikeluarkan setelah kebakaran menghancurkan sekitar 500 rumah dan gedung bisnis.

Sekitar 3.400 petugas pemadam kebakaran di darat dan 17 helikopter sedang berjuang memadamkan api. Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California menyatakan kebakaran sudah mengoyak wilayah Redding, sebuah kota berpenduduk 90.000 orang, di kawasan Shasta-Trinity yang indah di California. 

Menurut departemen tersebut, 5.000 bangunan lainnya sedang terancam dilalap api.

Para pejabat penegak hukum saat ini berusaha menemukan 17 orang yang dilaporkan hilang. Menurut pejabat polisi Redding, Tod Cogle, jumlah orang yang hilang masih bersifat fluktuasi dalam beberapa hari terakhir.

"Kami tidak ingin memberi kesan bahwa orang-orang ini telah menderita semacam situasi yang serius," kata Cogle. 

"Kami mengirim petugas ke beberapa tempat ini (tempat mereka tinggal) dan rumah-rumah masih utuh, jadi mungkin orang-orang itu baru saja dievakuasi," katanya lagi, dikutip Reuters, Minggu (29/7/2018).

Data dari National Interagency Fire Centre menyatakan, saat ini ada 89 kebakaran hutan besar yang membara di 14 negara bagian AS. Sebagian besar berada di wilayah barat.

Sepanjang tahun ini, kebakaran hutan telah menghanguskan hampir 4,3 juta acre (1,7 juta hektare) di seluruh AS. Padahal, total area yang terbakar untuk periode yang sama selama beberapa dekade terakhir rata-rata 1,5 juta hektare.


Create Account



Log In Your Account