50 Warga Malaka Jaya, Duren Sawit, Antusias Ikut Pelatihan Penanganan Kebakaran

09 Aug 2018
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 08.00 WIB / Seksi Publikasi dan Partimas DPKP Provinsi DKI jakarta

Jakarta - Sebanyak 50 warga RW 03 Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran, Rabu (8/8).

Tujuan dari giat ini supaya warga dapat menangani kebakaran pada kompor gas dengan cara sederhana serta modern seperti menggunakan handuk basah dan tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Teori dan praktik langsung pemadaman dilakukan para peserta latihan.

Dalam giat ini warga sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi.

Plt Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan  (Gulkarmat) Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, sebagian besar warga RW 03 Malaka Jaya ini sudah menggunakan gas alam, fasilitas dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

Warga mengaku di RW 03 Malaka Jaya sudah menggunakan gas alam (fasilitas dari PGN) namun tetap kami (Gulkarmat) berikan pengarahan melalui teori dan praktek penanggulangan kebakaran seperti, jika terjadi adanya kebocoran pada gas alam yang dilakukan adalah menutup sumbernya kemudian padamkan, dengan menutup sumbernya gas alam yang bocor tidak menyebar di ruangan.

"Sebagian warga sudah menggunakan gas alam dari PGN. Jika terjadi kebocoran pada gas alam maka langkah utamanya tutup sumbernya, kemudian padamkan," kata Muchtar, saat memberikan pelatihan tersebut.

Menurutnya, dengan menutup sumbernya maka gas alam yang bocor tidak menyebar di ruangan. Pada dasarnya Konsep penanganannya ini sama dengan penanganan pada kompor gas. Hanya yang membedakan masalah instalasinya saja.

"Selain teori, warga juga diajak praktik penanggulangan kebakaran pada kompor gas menggunakan handuk basah dan alat pemadam api ringan (APAR)," tandasnya.


Create Account



Log In Your Account