Pembentukan dan Pelatihan MKKG di Kantor Kecamatan Johar Baru

09 Aug 2018
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 13.00 WIB / Seksi Publikasi dan Partimas DPKP Provinsi DKI jakarta

Jakarta - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat, membentuk dan melatih tim Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) di Kantor Kecamatan Johar Baru.

Sebanyak 40 orang terdiri dari Sekcam, pegawai, Kasatpel dan petugas keamanan, serta petugas PPSU tergabung dalam tim tersebut.

"Pembentukan MKKG dimaksudkan agar pegawai kecamatan dapat melakukan penanggulangan dini dan evakuasi saat terjadi kebakaran," ujar Turut Abimanyu, Kepala Sektor Kecamatan Johar Baru Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

Menurutnya, sebelum pembentukan MKKG, para peserta diedukasi pengenalan dasar proteksi kebakaran aktif dan teori dasar serta metode pemadama. Dimana tim MKKG diberikan pemahaman dan pelatihan tentang beberapa hal yang memicu terjadinya kasus kebakaran, baik dari listrik maupun kompor gas. Serta pelatihan cara memadamkan api dengan karung basah dan cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

"Dengan adanya tim MKKG akan jelas pembagian tugasnya, siapa berbuat apa saat terjadi kebakaran dan bencana lainnya di dalam gedung," terangnya.

Sekretaris Camat Johar Baru Mohamad Faqih mengatakan, pihaknya berterima kasih dengan dibentuknya MKKG ini. Pengetahuan yang didapat sangat bermanfaat untuk diri dan lingkungannya.

"Kita jadi tahu teknik pemadaman api, semoga bermanfaat bagi pribadi dan lingkungan," tandasnya.


Create Account



Log In Your Account