Kebakaran di Jelambar, 92 Keluarga Menjadi Korban

05 Jan 2019
By: Helmi Rabbani / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta – (04/01/2019) petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang melalap 40 rumah semi permanen di Jalan Jelambar Utama 4, Gang Abadi, RT. 08/ RW 08 Kelurahan Jelambar, Kecamatan Petamburan, Jakarta Barat pada Jumat malam pukul 23.40 WIB.

Sebanyak 34 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran dipemukiman padat penduduk. “34 unit sudah dikerahkan. Kita kepung dari segala arah untuk memadamkan api” tutur Rompis Romlih selaku Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Barat.

Lima orang dilaporkan terluka saat kebakaran melanda puluhan rumah di Jalan Jelambar Utama, Petamburan, Jakarta Barat. "Ada lima warga terluka," tutur Rompis.

Kebakaran ini mengakibatkan  92 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal, 40 rumah hangus terbakar. RT 7 ada 25 rumah dan RT 8 ada 15 rumah. Total sebanyak 368 warga terkenda dampaknya. Luas area kebakaran ditaksir mencapai 3.750 meter persegi. Mereka kehilangan harta benda dan terpaksa untuk sementara mengungsi. Sebab rumah mereka telah terbakar.

“Yang terbakar ada 40 rumah yang ditinggali 92 KK, rumahnya rumah-rumah semi permanen yang berdempetan. Dua RT, RT 7 dan 8 di RW 8. Tapi sebagian sudah mulai kembali tinggal di rumah saudaranya," tutur Ambari selaku Lurah Jelambar pada keterangan Sabtu, 05 Januari 2019.

Hingga saat ini bantuan bagi korban kebakaran mulai berdatangan. Dinas Sosial Jakarta Barat sejak semalam memberikan bantuan berupa makanan dan mendirikan tenda untuk warga yang mengungsi.

“Selain itu, dilakukan pendataan bagi pelajar korban kebakaran untuk diberikan bantuan seperti TK sebanyak 15 orang, SD sebanyak 39 orang, SMP sebanyak 15 orang, dan beberapa pelajar SMK. Nantinya, mereka akan diberikan bantuan berupa pakaian sekolah, dan alat-alat kebutuhan pendidikan lainnya seperti tas, sepatu, buku, dan alat tulis oleh Dinas Sosial.” Tutur Ambari.

Petugas Pemadam yang datang juga sempat kesulitan menjangkau lokasi karena letaknya yang berada di dalam gang. Petugas sampai harus memanjat rumah warga, untuk dapat menyemprotkan air ke pusat kebakaran. Api berhasil dipadamkan saat adzhan Subuh, setelah itu petugas melakukan proses pendinginan  dilokasi terdampak kebakaran, mencegah api muncul kembali dari sisa bangunan. 


Create Account



Log In Your Account