Evakuasi Rumah Roboh di Taman Sari, Jakarta Barat

09 Jan 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 08.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Sebuah rumah di jalan Kebon Jeruk 14 RT 06/07 Kelurahan Maphar Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat, roboh selasa malam 08 Januari 2019. 

Satu keluarga beranggotakan 10 orang terjebak dalam bangunan rumah yang roboh. Saat kejadian, dua orang berada di bagian depan rumah. Sedangkan delapan orang lainnya di bagian belakang rumah. Rumah itu roboh saat dalam proses perbaikan oleh pemiliknya.

“Satu keluarga, jumlah 10 orang, di lokasi bangunan runtuh,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Kebakaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Romlih, saat dimintai keterangan.

Menurutnya, dua penghuni berusaha melakukan perbaikan pada pondasi saat terjadi kerusakan pada bagian rumah. Dalam proses perbaikan itulah, rumah tersebut roboh dan menimpa kendaraan roda empat yang diparkir di bagian depan hunian itu. Reruntuhan bangunan pun menutup akses jalan keluar untuk delapan penghuni yang masih berada di dalam rumah.

"Bagian depan bangunan dengan fondasi yang sudah rapuh terkena angin dan hujan yang cukup deras mengakibatkan fondasi bangunan mengalami pergeseran," ujar Kasiops Kebakaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat, Rompis Romlih, lantutnya.

Petugas pemadam kebakaran dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat yang menerima berita, mengerahkan 10 unit dengan jumalh personil 37 orang untuk menangani bangunan runtuh seluas 32 meter persegi itu. Setelah kurang lebih 90 menit, proses penanganan bangunan runtuh tersebut dinyatakan selesai sekitar pukul 20.07 WIB.

Dua orang berhasil dievakuasi dengan keadaan selamat dan sudah ditangani tim medis," kata Rompis.


Create Account



Log In Your Account