Evakuasi 14 Ekor Ular Sanca Oleh Tim Rescue Damkar

11 Jan 2019
By: Helmi Rabbani / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta – (11/01/2019) Petugas rescue damkar berhasil mengevakuasi sarang ular jenis sanca di Jalan Raya Lenteng Agung Barat RT. 09/ RW. 05 Kelurahan Lenteng Agung Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Kamis, 10 Januari pukul 21.40 WIB

Sebanyak 14 ekor anak ular sanca ditemukan warga  bersarang di sebuah selokan air yang tertutup oleh tempat sampah. Menurut Kepala Regu Rescue Damkar Sektor X Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ade Sudrajat, saat ditemukan beberapa ular keluar dari sarangnya karena  merasa terganggu.

Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan sendiri mengerahkan 1 Unit Light Rescue dan 7 orang personil, serta dibantu oleh pihak Animal Soldier Lenteng Agung, anggota karang taruna, dan warga setempat untuk mencari anak ular sanca yang diduga masih berkeliaran disekitar pemukiman warga.

"Karena ular-ular itu merasa terusik beberapa anak ular sanca sempat kabur. Akan tetapi dapat kembali ditangkap sebanyak 7 ekor ular sanca," tutur Ade.

Ular sanca itu berukuran antara 30 cm hingga 40 cm dengan diameter berukuran dua ibu jari orang dewasa. Pengecekan kembali dilakukan disekitar saluran air, ternyata masih ditemukan beberapa anak ular sanca.

"Dari 14 ekor yang ditemukan, 10 dibawa pihak damkar dan 4 dibawa oleh pihak Animal Soldier Lenteng Agung," tutur Ade.

Menurut keterangan warga di lokasi kejadian, sebelumnya telah ditemukan satu ular sanca dewasa dengan panjang sekitar 3 meter (diduga induknya) yang sudah diveakuasi terlebih dahulu pada Senin, 7 Januari 2019.


Create Account



Log In Your Account