Evakuasi Ulat Gonggok di Pemukiman Warga, Kebagusan.

23 Feb 2019
By: Helmi Rabbani / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta – (23/2/2019) Petugas Damkar Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu  mengevakuasi Ulat Gonggok  yang bermunculan di perumahan warga Jalan Kebagusan Raya no 45 RT 05/ RW 07 Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Proses Evakuasi ini sendiri berlangsung selama 4 hari dimulai pada tanggal 20 – 23 Februari 2019. Kepala Peleton Grup B Sektor IX Pasar Minggu Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Andrian Novandi mengatakan pihak petugas damkar langsung diterjunkan saat mendapatkan laporan dari Aplikasi Qlue pada Rabu 20 Februari 2019.

“Kita mendapatkan laporan dari Qlue sekira pukul 08.30 WIB. Setelah itu kami tindak lanjut. Mengerahkan sebanyak 12 anggota petugas damkar ke lokasi," tutur Adrian.

Ulat-ulat ini diduga berasal dari  tanah lapang di dekat pemukiman.  Menurut warga, setiap hujan reda sekawanan ulat langsung menyerbu ke pemukiman warga. Ulat-ulat itu tidak hanya merayap ke dinding rumah saja tetapi juga masuk ke rumah warga sehingga membuat masyarakat menjadi resah.

Dinas Gulkarmat bekerja sama dengan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) untuk mengevakuasi ribuan ulat yang menyerbu perumahan warga ini dengan menyisir ulat-ulat yang ada di halaman, dinding, dan bagian dalam rumah untuk dievakuasi dan mendapat penanganan lebih lanjut.

"Penanganannya kita bekerja sama dengan Sudin KPKP untuk menyemprotnya memakai obat pestisida. Ulat ini menyerbu permukiman warga saat musim hujan serta cuaca yang lembab," Tutur Adrian.

 


Create Account



Log In Your Account