Sudah 64,5 Hektar Lahan Terbakar di Kota Dumai Provinsi Riau

25 Feb 2019
By: Mulat Wijayanto | Pukul 12.20 | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta / Sumber : http://www.metro-riau.com

RIAU – Terhitung sampai dengan Minggu (24/2/2019) sudah 64.5 hektar lahan terbakar, hingga saat ini di Kota Dumai provinsi Riau. Informasi terkini terkait kebakaran hutan dan lahan di kota Dimai terjadi di kawasan Bukit Kota Dumia. Dari informasi yang dihimpun melalui Badan Penanggulangan dia hektar lahan di kelurahan tersebut terbakar.

“ Sejak pagi tim kita terus melakukan pemadaman disana.Namun,kondisi cuaca yang cenderung panas terik dan berangin membuat proses pemadaman tidak mudah ” ungkap kepala BPBD Kota Dumai pada minggu (24/2/2019).

Dilanjutkannya, kondisi pemadaman api di Bukit Batrem dengan cuaca yang cenderung kering menghasilkan banyak asap tebal. Hal ini juga menjadi rintangan tersendiri bagi petugas pemadam dalam menjangkau lokasi api karena keterbatasan jarak pandang.

Tak hanya di Bukit Batrem, personil BPBD Kota Dumai juga masih berjibaku dalam proses pendinginan di kawasan Parit 2 dan Parit 3 di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

“ Di Bangsal Aceh luas lahan yang terbakar mencapai 24 hektar. Keterbatasan kita disana adalah ketersediaan air baku yang mulai minim, sementara cuaca kering dan terik serta berangin kencang,” sampainya.

Walau berhadapan dengan kondisi berat di lapangan, tim gabungan terus berusaha melakukan pemadaman hingga pendinginan di kawasan tersebut.

Afrilagan menerangkan, tim gabungan tersebut beranggotakan personil TNI, Polri, Manggala Agni hingga masyarakat tempatan.

“ Kami masih tetap optimis di lapangan jika proses pemadaman hingga pendinginan ini bisa segera dituntaskan,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari tim gabungan BPBD Kota Dumai, berikut adalah rincian lokasi kebakaran lahan dan status tindakan di lapangan:

Masih dalam proses pemadaman dan pendinginan:

1. Jalan Rimbun Jaya Lubuk Gaung: 10 Ha.

2. Jalan Parit 1, 2, 3 Bangsal Aceh: 24 Ha.

3. Jalan Kenari STDI: 1 Ha.

4. Jalan Parit Sadak Bagan Keladi: 3 Ha.

5. Jalan Gurun Panjang: 5 Ha.

6. Jalan Sejahtera Bukit Batrem: 2 Ha.

Lahan terbakar yang sudah selesai dipadamkan dan didinginkan:

1. Jalan Sempadan Bangsal Aceh: 1 Ha.

2. Jalan Kalijaga Purnama: 1,5 Ha.

3. Jalan SMK Tanjung Penyembal: 4 Ha.

4. Jalan Wan Amir Ratu Sima: 1 Ha.

5. Jalan M Yusuf Teluk Makmur: 2 Ha.

6. Jalan Mekar Saru Guntung Yb: 1 Ha.

7. Jalan Garuda Bumi Ayu: 2 Ha.

8. Jalan Batu Bintang Tanhung Palas: 0,5 Ha.

9. Jalan Tunas Muds Ratu Sima: 0,5 Ha.

10. Jalan Kampung Muda Bagan Besar: 2 Ha.

11. Jalan Osman Teluk Makmur: 2 Ha.

Total keseluryhan lahan dan hutan terbakar di Kota Dumai mencapai 64,5 Ha hingga Minggu (24/2/2019).

Informasi terakhir hingga pukul 19.00 malam, lahan dan hutan di kawasan Gurun Panjang seluas 5 Ha diketahui terbakar. Api diperkirakan bersumber dari Bukit Kerikil, Kabupaten Bengkalis yang letaknya berbatasan dengan Gurun Panjang.

“Diperkirakan api merembet dari Bukit Kerikil. Karena, sebelumnya di kawasan tersebut sudah lebih dulu terjadi kebakaran hutan dan lahan,” singkat Kepala BPBD Kota Dumai Afrilagan.


Create Account



Log In Your Account