Kebakaran Besar di Pelabuhan Muara Baru , 34 Kapal Hangus Terbakar

23 Feb 2019
By: Helmi Rabbani / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta – (24/2/2019) Kebakaran besar yang membakar puluhan kapal di Pelabuhan Muara Baru Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, berhasil dipadamkan setelah 14 jam proses pemadaman pada Minggu, 24 Februari 2019. 

Api pertama kali muncul dari kapal ikan 'Artamina Jaya' yang saat itu sedang melakukan pengelasan. Api kemudian merembet ke kapal-kapal lain yang sedang bersandar di Pelabuhan Muara. Kebakaran ini terjadi pada tanggal 23 Februari 2019 pukul 15.19 WIB dan baru bisa dipadamkan pada Minggu, 24 Februari 2019 pukul 06.00 WIB.

Sudin Gulkarmat Jakarta Utara sendiri mengerahkan 23 unit mobil pemadam kebakaran dibantu 160 orang personil beserta 3 unit fireboat untuk memadamkan kebakaran besar ini.  Tidak ada korban jiwa akibat insiden kebakaran ini namun, terdapat tiga korban luka yaitu, Resma (20 th, Karyawati PT.KMC), Maria (20 th, Karyawati KMC) dan Anggo Widagdo (35 th, Petugas Damkar) seluruh korban mengalami sesak nafas dan dibawa ke RS. Atmajaya untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, pihaknya mengirim petugas dari Pusat Laboratorium Forensic (Puslabfor)  Polri untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut di lokasi yang di duga menjadi sumber awal api. Selain itu  penyidik dari Polres Pelabuhan, bersama inafis dan puslabfor melakukan penyeldidikan dan pengecekan terhadap bangkai kapal baik yang mengapung maupun yang tenggelam untuk mengetahui jumlah pasti kapal yang terbakar.

 "Jadi total keseluruhan bangkai kapal sebanyak 34 kapal, terdiri atas 7 kapal di luar kolam dan 27 kapal di dalam kolam," tutur Argo Yuwono. 


Create Account



Log In Your Account