Peringatan HUT Damkar DKI ke 100 di Kantor Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta

04 Mar 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 09.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) memperingati HUT ke-100 pemadam kebakaran (Damkar) di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Jalan Zainul Arifin, Jakarta Pusat.

Upacara diikuti sekitar 750 peserta, baik dari unsur Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan, dan Pelajar.

Membacakan pidato sambutan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Saefullah menyampaikan rasa senang dengan profesionalitas kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Gulkarmat yang semakin matang dalam berorganisasi.

"Sangat membanggakan, Dinas Gulkarmat DKI juga sudah banyak menuai prestasi, baik di level nasional maupun internasional," ujarnya, Jumat (1/3).

Saefullah menambahkan, Dinas Gulkarmat harus mampu menjadi contoh dan memperkenalkan kinerjanya kepada daerah-daerah lain di Indonesia.

"Ilmu atau kemampuan yang dimiliki perlu juga ditularkan ke provinsi maupun kota dan kabupaten di Indonesia," lanjutnya.

Dinas Gulkarmat DKI, sambungnya, telah banyak berjasa dalam melakukan penyelamatan saat terjadi musibah, khususnya kebakaran.

"Izinkan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada petugas pemadam kebakaran," pungkas Saefullah, mengakhiri pembacaan sambutan pidato Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo menuturkan, sepanjang tahun 2018 terdapat 1.057 kasus kebakaran akibat arus pendek listrik, 181 kasus akibat kebocoran gas, lilin 6 kasus, membakar sampah 247 kasus, dan dipicu api rokok 75 kasus.

"Mulai tinggat Dinas hingga Suku Dinas saya instruksikan untuk terus mengencarkan edukasi dan sosialisasi kepada warga," ujarnya, usai upcara memperingati HUT ke-100 pemadam kebakaran di Kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jl Zainul Arifin, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).

Subejo menjelaskan, warga juga perlu diberikan pemahaman dan pengetahuan untuk menangani sejak dini terjadinya kabakaran, baik mengunakan peralatan sederhana maupun alat pemadam api ringan (APAR).

"Kita akan terus lakukan secara masif. Sehingga, kasus maupun kerugian materiil kebakaran di Jakarta bisa terus diminimalisir," tandasnya.


Create Account



Log In Your Account