Aksi Heroik Petugas Damkar Evakuasi Kucing Terjepit Rangka Mobil di Pondok Indah

11 Apr 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 08.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Penyelamatan seekor anak kucing yang terjepit di kolong mobil di Kebayoran Lama, Jaksel, berlangsung dramatis. Anak kucing itu berhasil diselamatkan setelah 40 menit proses evakuasi.

"Itu proses evakuasinya selama emapt puluh menit. Alhamdulillah bisa diselamatkan dan kucingnya nggak terluka sedikit pun, cuma trauma," kata Komandan Regu (Danru) Damkar Jakarta Selatan Supriyanto, Rabu (10/4/2019).

Peristiwa sendiri terjadi pada Selasa (9/4) sekitar pukul 10.17 WIB. Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan yang menerima permintaaan bantuan dari Maulana, warga di Jalan Bendi Besar, Blok B2, RT 08/10 Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama.

Awalnya ketika menyalakan mesin mobil kan biasanya kucing 
di bawah kolong mobil pergi. Tapi ini enggak pergi dan mengeong terus. Ketika dilihat leher anak kucing tersangkut. Setelah dievakuasi damkar anak kucing piaraan saya akhirnya bisa diselamatkan," tandasnya.

"Menurut pemilik, awalnya dia mendengar kucingnya mengeong terus sekitar pukul 07.00 WIB, kemudian dicari-cari sumber suaranya, ternyata dari kolong mobil," kata Supriyanto.

Sang pemilik sempat kebingungan untuk meminta bantuan ke mana. Hingga akhirnya ada warga yang menyarankan untuk menelepon petugas Damkar.

"Mungkin orang tidak banyak tahu bahwa Damkar bukan hanya bertugas memadamkan api, tetapi kami juga punya tim rescue untuk evakuasi dan penyelamatan," lanjutnya.

Evakuasi anak kucing ini berlangsung cukup lama hingga 40 menit. Petugas juga sedikit kesulitan mengevakuasinya, mengingat leher anak kucing itu terjepit di lobang yang kecil.

"Kucingnya terjepit di lower arm mobil, di situ ada lubang kecil, kepalanya nyangkut di situ," sambungnya.

Selama proses evakuasi, petugas lain memberi minum kucing. Kepala kucing juga dielus-elus untuk menenangkannya. "Iya kucingnya nggak mau diem dan mengeong terus, jadi harus sambil ditenangkan juga," tuturnya.

Petugas mencoba mengevakuasinya tanpa menggunakan peralatan. Namun, kucing tidak kunjung keluar dari lubang itu, sehingga kemudian petugas mengalungkan kresek ke leher kucing.

"Ya akhirnya kita mencoba menggunakan keresek dengan dikalungkan ke lehernya, kita coba tarik-tarik kresek sambil digerak-gerakin leher kucing dan kepalanya sedikit kita tekan dan Alhamdulillah akhirnya keluar," paparnya.

Kucing berhasil diselamatkan tanpa mengalami cedera sedikitpun. Namun kucing itu mengalami trauma. "Iya kucingnya sepertinya trauma dia diam saja setelah berhasil dievakuasi," katanya.


Create Account



Log In Your Account