Kebakaran Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah

09 Apr 2019
By: Mulat Wijayanto | Pukul 09.00 | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta / Sumber : https://news.detik.com/Arbi Anugrah

Banyumas - Kebakaran melanda Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (9/4/2019). Sebanyak delapan kios sembako yang berada di lantai 2 ludes terbakar dan sempat membuat panik pengunjung pasar yang berada di lantai 1.

Dua unit pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung berupaya memadamkan api yang terus membesar. Meskipun demikian api dapat dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Tadi sekitar pukul 04.30 WIB ada ibu-ibu lewat (markas damkar) memberitahu jika Pasar Manis terbakar, kemudian kami langsung ke sini. Saat datang api masih besar, setelah satu jam kemudian api dapat dipadamkan," kata Komandan Regu 2 Pemadam Kebakaran (Damkar) Banyumas, Jawa Tengah, Ali Zarmahsum kepada wartawan, Selasa (9/4/2019).

Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut termasuk jumlah kerugiannya. Saat ini pihaknya masih menunggu penyelidikan dari kepolisian.

Sementara menurut Sarjiwan, salah seorang pemilik kios yang terbakar mengatakan jika dirinya mendapatkan kabar jika kiosnya terbakar setelah salat Subuh. Dia pun segera menuju pasar, namun nahas setibanya di lokasi kiosnya telah ludes terbakar.

"Tadi habis Subuh dapat kabar, total ada 8 kios yang terbakar termasuk milik saya. Kios kena semua, nggak ada barang yang bisa diselamatkan, kerugian saya mungkin sekitar Rp 25 juta," ujarnya.

Dia mengatakan jika kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Karena beberapa waktu yang lalu, listrik di salah satu kios yang terbakar sering mati, namun kini telah diperbaiki.

"Kios yang paling ujung sering anjlok listriknya, beberapa waktu lalu. Belum lama ini sudah diperbaiki, tapi saya lupa tanggalnya," jelasnya.


Create Account



Log In Your Account