Petir Picu Kebakaran Hutan di Cina, 27 Petugas Damkar Tewas

15 Apr 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 13.00 WIB / https://internasional.republika.co.id

Jakarta - Sambaran petir memicu kebakaran hutan di pegunungan barat Cina di Muli, Provinsi Sichuan pada bulan lalu. Pihak berwenang mengatakan setidaknya 27 petugas pemadam kebakaran (damkar), serta empat warga dalam kejadian itu tewas.

Media setempat, Senin (1/4/2019) mengabarkan, setidaknya 1.500 personel pemadam kebakaran dikirim untuk menanggulangi kebakaran tersebut. Kebakaran itu terjadi di kawasan bergunung yang terpencil dengan ketinggian sekitar 3.800 meter di atas permukaan laut.

Kebakaran disebut terjadi akibat dampak dari angin, udara kering, dan terdapat beberapa bahan yang mudah terbakar di lokasi kejadian. Kejadian ini menjadi salah satu kebakaran hutan yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan laporan saksi mata, sambaran petir mengenai pohon pinus sepanjang 18 meter hingga membelahnya. Pohon yang jatuh itu memicu titik-titik api yang kemudian menyebar ke bagian tebal tanaman yang membusuk di tanah atau diknal sebagai humus.

Komando lapangan pemadaman api mengatakan, personel pemadam kebakaran berhasil mengurangi titik api dari 75 menjadi 23 setelah berjuang selama satu hari. Sementara itu, sebanyak 3.800 orang warga dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, pemerintah juga memerintahkan berbagai perusahaan yang menyimpan material mudah terbakar agar memindahkannya ke tempat lain. Masalah terbesar yang dihadapi pasukan pemadam kebakaran adalah angin kencang yang kerap berubah arah.

Petugas pemadam kebakaran yang selamat dalam kejadian ini mengatakan api menyebar begitu cepat. Hanya dalam hitungan detik, pohon-pohon di area punggung bukit habis terbakar. Bahkan, terlihat seperti kebakaran yang dibuat dengan sengaja oleh manusia dengan menggunakan alat penyembur api yang besar.


Create Account



Log In Your Account