SIMULASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN DAN EVAKUASI PENGHUNI DI GEDUNG OAKWOOD, MEGA KUNINGAN JAKARTA

02 May 2019
By: Mulat Wijayanto | Pukul 09.00 | Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP DKI Jakarta /

JAKARTA - Pada hari Kamis (2/5/2019) di Gedung Oakwood Building, Mega Kuningan, Jakarta Selatan bersama dengan 5 wilayah Dinas Penanggulangan  Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Provinsi DKI Jakarta telah menggelar kegiatan rutin simulasi Penanggulangan kebakaran dan evakuasi penghuni di area lingkungan gedung Oakwood Building. Simulasi ini dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan seluruh karyawan, tenant maupun berbagai pihak yang berada di area gedung terhadap ancaman bahaya kebakaran. Kegiatan ini telah dihadiri oleh Malcolm Hinesselaku General Manager Oakwood Premier Cozmo Jakarta didampingi oleh Ibu Herlena, dan Rahmat Kristantio, ST., M.M selaku Kepala Bidang Pengendalian Kebakaran dari Dinas Penanggulangan  Kebakaran dan Penyelamatan Provisi DKI Jakarta pada Kamis (2/5) di Assembly Point Jl. I Gde Anak Agung Gde (kawasan Mega Kuningan Jakarta).

Kegiatan ini konsisten dilakukan setiap tahunnya yang diikuti oleh seluruh Gedung Oakwood meliputi lingkungan Gedung Oakwood Building dan Oakwood Premier Cozmo Jakarta, dan seluruh karyawan vendor dengan jumlah keseluruhannya mencapai 900 orang. Simulasi evakuasi kebakaran kali ini bekerja sama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan yang melibatkan 5 wilayah yaitu wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

 

 

Untuk Simulasi Evakuasi Kebakaran ini DPKP DKI Jakarta mengerahkan 15 unit mobil pemadam kebakaran lengkap dengan mobil Bronto Skylift 90 M. dengan Teknik evakuasi penyelamatan korban dari lantai 5. Selain itu, Gedung Oakwood juga melibatkan Tim Medic guna melengkapi perlengakapan medis.

" Simulasi Evakuasi Kebakaran ini dilakukan besar-besaran bekerjasama dengan Dinas Penanggulangan  Kebakaran dan Penyelamatan (DPK-P) Prov.DKI Jakarta 5 Wilayah di DKI Jakarta. Dalam setahun, Oakwood rutin menggelar kegiatan Simulasi Evakuasi Kebakaran hingga 2 kali melakukannya. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan setiap karyawan maupun seluruh pihak yang berada diarea komplek Oakwood akan adanya bencana kebakaran yang kedatangannya tidak pernah terduga. semoga dengan latihan ini dapat meningkatkan kwalitas SDM di gedung Oakwood dalam rangka mencegah dan merespon emergency dengan cepat, tepat & selamat berdasarkan Norma, Standard, Pedoman & Manual yang berlaku ”, Jelas Efrizon.

Penyampaian dari Rahmat Kristantio (Kepala Bidang Pengendalian Kebakaran DPKP DKI Jakarta)

” Seringkali kita menemukan kasus kejadian kebakaran pada gedung bertingkat adalah Tidak maksimalnya kesiapan dari Peralatan Proteksi aktif kebakaran pada gedung, tidak optimalnya pompa kebakaran. Tidak berfungsi atau tidak adanya Lift kebakaran yang ada, sehingga menjadikan suatu hambatan kita dalam melakukan suatu Operasi, karena kita selalu berkejaran dengan waktu untuk dapat merespon dengan cepat dan diperlukan juga orang-orang yang ada pada Gedung yang terlatih dalam merespon kebakaran kecil, Sepertinya adanya Petugas agar memandu kita sampai ke tempat titik api, jangan pas ketika kita(Damkar) sampai di TKP tidak ada orang ataupun petugas yang memandu kita, karena kita kaan di ibaratkan tamu yang jelas tidak tahu menahu dimana letak sisi A sisi B atau sesuatu apapun mengenai isi dari gedung tersebut ”


Create Account



Log In Your Account