Anies Baswedan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta Pusat

01 Jun 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 15.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi inspectur  upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat. 

Dalam sambutannya, Anies menyoroti sila kelima Pancasila, yakni Keadilan Sosial. Ia menilai masih Keadilan Sosial itu masih belum merata. "Saya ingin mengingatkan kepada diri saya sendiri dan kita semua di sini, mari kita lihat semua aspek dari kehidupan kita di Ibu Kota, apakah keadilan ada di dalam pandangan kita, apakah keadilan ada di dalam mindset kita," ujar Anies dalam sambutannya.

Ia mengutarakan, langkah konkret yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan sila kelima Pancasila salah satunya dengan menggratiskan Pajak Bumi Bangunan (PBB) bagi para cucu pejuang kemerdekaan dan juga perumus kebangsaan. "Untuk para pejuang kemerdekaan, langkah kita nyata. Anak dan cucu pejuang dibebaskan dari PBB," tuturnya.
 
Anies berharap daerah lain bisa mencontoh Jakarta dalam hal tersebut. "Sebuah ironi Ibu Kota, kita ingin tunjukkan kepada semua, dan mudah-mudahan wilayah-wilayah lain se-Indonesia akan memberikan penghargaan yang sama kepada para pejuang kemerdekaannya," ucap Anies.

Anies pun meminta jajarannya agar memaknai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai refleksi untuk lebih bersenyawa dengan nilai-nilai Pancasila. "Jadikan upacara hari ini sebagai cara untuk bersenyawa dengan Pancasila," tandasnya.


Create Account



Log In Your Account