Dinas Damkar Sosialisasikan Ingub Nomor 65 Tahun 2019

03 Sep 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 13.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota Jakarta Barat mensosialisasikan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 65 tahun 2019 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran kepada para Kasudin, Camat, dan Lurah diwilayah Jakbar.

Kasudin Gulkarmat Jakarta Barat Abdul Cholik yang mewakili Dinas mengatakan sosialisasi Ingub Nomor 65 Tahun 2019 dilakukan agar ada kesamaan visi dalam melaksanakan gerakan warga cegah kebakaran. “Kita akan bekerja sama dengan seluruh pihak termasuk menggandeng Dasa Wisma atau kelompok ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dalam merancang peta wilayah rawan kebakaran di wilayah Jakarta. Hal tersebut sesuai dengan amanat Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 65 tahun 2019 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran. ,” Ujar Abdul Cholik.

Lebih lanjut Abdul Cholik mengatakan Dasa Wisma akan berkoordinasi dengan petugas damkar yang berada di setiap wilayah untuk mendata setiap warganya. Pendataan dilakukan untuk mengetahui rawan atau tidaknya rumah warga yang bersangkutan.

"Dasa Wisma ikut mendata potensi kebakaran, yang umumnya dari gas dan intalasi listrik, sementara ini akan didampingi oleh personel damkar, ke depannya Dasa Wisma saja yang mendata," lanjut Abdul Cholik.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memetakan permukiman yang rawan kebakaran. Setiap wilayah yang rawan akan difasilitasi pengamanan khusus seperti APAR dan Hidrat Mandiri.

"Jadi, akan ada penandaan kawasan yang memiliki risiko kebakaran, karena penggunaan aliran-aliran listrik yang tidak sesuai ketentuan. Tim dari pemerintah sampai ke kelurahan akan mereview kampung-kampung, lalu akan mendapatkan tanda (stiker)," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 12 Agustus 2019.


Create Account



Log In Your Account