Wali Kota Jaktim Pimpin Apel Gerakan Warga Cegah Kebakaran

04 Sep 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 15.00 WIB / http://timur.jakarta.go.id

Jakarta - Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar memimpin apel Gerakan Warga Cegah Kebakaran di Lapangan Voli Jalan Komarudin I RW 05 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (4/9/2019).

Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Mucthar Zakaria mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 65 Tahun 2019 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran. "Sekaligus kita serahkan secara simbolis stiker Rumah Waspada Kebakaran kepada kader Dasawisma Kelurahan Penggilingan untuk mulai digunakan," ujar Zakaria.

Usai apel, Wali Kota mengajak jajarannya meninjau langsung kondisi selang regulator gas dan instalasi listrik rumah warga. Ia pun mengimbau pada seluruh warganya untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran. Karena kasus kebakaran terjadi salah satunya adalah akibat kelalaian manusia.

“Tadi kita lakukan langsung pengecekan rumah warga, ternyata masih banyak kelalaian warga yang masih kedapatan jaringan listrik masih menumpuk. Nah, telah kita lakukan penempelan stiker bahaya kebakaran,” ujar Wali Kota.

Ia menyebutkan, Aksi Gerakan Warga Cegah Kebakaran akan dilakukan serentak di  10 kecamatan Jakarta Timur. Oleh sebab itu, ia meminta adanya kerjasama warga dalam pencegahan kebakaran.

Misalnya, cara mengatasi saat api masih kecil, untuk kemudian dibantu oleh pihak Sudis Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur terdekat untuk penanganan selanjutnya.

“Pencegahan musibah kebakaran adalah tugas kita bersama. Untuk itu melalui apel gerakan warga cegah kebakaran ini pentingnya kolaborasi antar warga. Kita dari aparatur menyiapkan sarana prasarana untuk melakukan pencegahan bersama,” ujar Wali Kota.

Sri Mulyati salah satu Kader Dasawisma Kelurahan Penggilingan mengaku bersyukur bahwa kehadiran Wali Kota dalam apel gerakan warga cegah kebakaran di Kelurahan Penggilingan ini. Pasalnya, kehadiran Wali Kota dapat memberikan motivasi tersendiri bagi seluruh kader dalam menjalankan tugas.

Insya Allah kita akan berikan yang maksimal dalam menjalankan tugas yang dapat memberikan rasa aman bagi seluruh warga. Sehingga, sejak dini kita lakukan pembinaan bagi seluruh warga untuk waspada bahaya kebakaran,” tandas Sri.


Create Account



Log In Your Account