Cegah Bahaya Kebakaran, Anggota Dasawisma Kelurahan Duren Sawit Dilatih Padamkan Api

10 Sep 2019
By: Yudhistira Ari Maesa | Pukul 10.00 WIB / Seksi Publikasi dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Provinsi DKI Jakarta

Jakarta - Sebanyak 40 anggota Dasawisma Kelurahan Duren Sawit Jakarta Timur mendapatkan pelatihan terkait pencegahan dan pemadaman kebakaran pada Senin, 09 September 2019. Pelatihan itu guna menambah kemampuan dan pengetahuan anggota Dasawisma terkait penanggulangan kebakaran dan cara menggunakan aplikasi Carik Jakarta dan pembekalan tentang penanggulangan pertama terhadap kebakaran.

Pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran bagi PPSU diawali Sosialisasi dan Implementasi Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 65 Tahun 2019 Tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran di Kelurahan Duren Sawit bersama Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Sektor Duren Sawit NYAMAN, S.E, bahwa kegiatan ini dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berperan aktif berdasarkan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 65 tahun 2019 tentang gerakan warga cegah kebakaran.

“Kami harapapkan kepada para anggota Dasawisma agar turut bekerja sama dan aktif dengan semua unsur, yang terlibat sebagai salah satu upaya dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran,” kata Nyaman.

Nyaman juga berpesan bahwa anggota Dasawisma juga sebagai mata dan telinga pemerintah dalam menangani secara dini berbagai kejadian termasuk kebakaran.

Kedepannya Dasawisma akan mengunjungi rumah rumah warga untuk mengecek apakah rumah atau lingkungan tersebut rawan kebakaran, dengan cara mengecek tabung gas, ventilasi serta perlengkapan listrik lainnya apakah sudah memenuhi standar lalu menempelkan stiker penanda bahwa lokasi tersebut rawan kebakaran.

Diharapkan melalui kegiatan ini kita dapat meminimalisir terjadinya kebakaran di wilayah DKI Jakarta khususnya Kelurahan Duren Sawit.


Create Account



Log In Your Account