Satu Unit Mobil Damkar Atasi Kebakaran di Jalan Tol Jakarta Cikampek

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur berhasil mengatasi kebakaran mobil di Tol Jakarta Cikampek (Japek) KM 03, Makasar, Rabu (27/5) pukul 07.48.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkamat Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran mobil yang melaju dari arah Bekasi menuju Jakarta itu bermula saat adanya kepulan asap dari bagian mesin.

Oleh pemiliknya, mobil diarahkan dan berhenti di bahu jalan. Namun tak lama kemudian kepulan asap semakin tebal dan disusul kemunculan api hingga menyebabkan kebakaran.

"Dugaan sementara kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik dari bagian mesin kendaraan," ujar Gatot.

Untuk memadamkan kobaran api, pihaknya mengerahkan satu unit mobil pemadam berikut empat personelnya. Setelah berjibaku dengan api, 30 menit kemudian kebakaran bisa diatasi petugas.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Namun pemilik kendaraan mengalami kerugian materiel ditaksir mencapai Rp 150 juta.

Kebakaran ini juga sempat memicu kemacetan lalu lintas di ruas tol arah menuju Jakarta sepanjang kurang lebih satu kilometer.

"Usai dipadamkan, mobil langsung diderek ke Satwil Lantas Jakarta Timur," tandasnya.