Personel Damkar DKI Merangkak Dalam Got Untuk Evakuasi Kucing Yang Terjebak

Kata 'penyelamatan' dalam jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur bukan sekedar kiasan. Pukul 07.30 WIB tadi mereka menerima laporan evakuasi anak kucing yang terjebak dalam got di Jalan Cibubur 2, RT 03/RW 02 Kelurahan Cibubur.

Kasi Ops Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan kucing malang tersebut sudah dua hari terjebak dalam keadaan menggigil di got"Kucing itu sudah dua hari terjebak di dalam gorong-gorong, jadi ibaratnya hanya terdengar suara minta tolongnya," kata Gatot, Rabu (27/5/2020).

Meski terkesan sepele, proses evakuasi yang dimulai pukul 08.00 WIB dan melibatkan enam personel itu bukan perkara mudah. Personel Damkar lebih dulu memastikan posisi kucing lalu berdasarkan lalu membongkar tutup got dari beton menggunakan perkakas.

"Kita turunkan dua tim, satu tim langsung masuk ke gorong-gorongnya. Satu tim lagi untuk membongkar penutup dari gorong-gorong," ujarnya.

Gatot menuturkan proses evakuasi tak sepenuhnya mudah meski sudah mengetahui posisi kucing berdasarkan rintihannya. Got dari u-ditch yang lebarnya sekitar 80 sentimeter menyulitkan evakuasi, pasalnya personel harus merangkak dalam got sempit.

Walau sulit bernapas personel Damkar merangkak hingga mendapati anak kucing, evakuasi yang dimulai pukul 08.00 WIB rampung 08.50 WIB.

"Anggota evakuasi manual, masuk gorong-gorong. Di dalam gorong-gorong cukup lama. Alhamdulillah kucingnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat," tuturnya.