Kebakaran Rumah Sakit di Mesir, 7 Pasien Covid-19 Meninggal

Sebuah rumah sakit di Mesir dilanda kebakaran dan menewaskan tujuh pasien covid-19, Senin (29/6/2020). Rumah sakit tersebut terletak di kota pesisir Alexandria. Tujuh orang lain terluka akibat kobaran api, hal itu diyakini disebabkan oleh malfungsi pendingin ruangan (AC) di area yang digunakan untuk mengisolasi pasien Covid-19.

Pemadam kebakaran menghentikan kobaran api merembet ke gedung lain rumah sakit. Mobil ambulans dikerahkan untuk memindahkan pasien ke fasilitas kesehatan lain, seperti yang dilansir dari AFP, Senin (29/6/2020).

Investigasi telah dilakukan untuk meniliti kebakaran dan korban meninggal karena kekurangan napas dan staf rumah sakit, termasuk di antara mereka yang terluka menurut laporan media setempat. "Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang besar di rumah sakit yang kemungkinan disebabkan oleh kerusakan sirkuit kelistrikan," ujar sumber anonim seperti dilansir dari Xinhuanet  Senin (29/6/2020).

Sementara itu di Mesir, hingga saat ini kasus Covid-19 masih cukup tinggi. Sejauh ini jumlah kasus Covid-19 yang terdata sejumlah 65.188 dengan 2.789 angka kematian. Fasilitas kesehatan di negara kawasan Afrika Utara, seperti di tempat lain, tengah menegang akibat kenaikan jumlah kasus positif Covid-19. Sejak akhir Mei, jumlah kasus positif Covid-19 melebihi 1.000 kasus perhari.