Salam sejahtera untuk kita semua.

Merujuk pada visi yang telah kami canangkan, yakni: "Terciptanya rasa aman masyarakat dari kebakaran dan bencana lain" Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Propinsi DKI Jakarta bertekad mewujudkannya melalui pemberian pelayanan prima kepada masyarakat dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan penanganan masalah kebakaran. Salah satunya adalah melalui kegiatan penyebaran informasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran - yang dikemas dalam bentuk Informasi Online- kepada masyarakat luas.

Para pengelola ataupun penanggung jawab bangunan umum dan komersial, (bangunan yang dimanfaatkan untuk fasilitas perkantoran, perdagangan, hotel, apartemen, mall dan pusat-pusat perbelanjaan serta industri) adalah sebagai bagian dari masyarakat luas tersebut. Menurut catatan statistik DPK DKI Jakarta, kejadian kebakaran pada kelompok bangunan ini ternyata cukup banyak, meskipun tidak sebanyak pada lingkungan pemukiman/perumahan penduduk. Beberapa kejadian kebakaran akhir-akhir ini, seperti kebakaran Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, Kantor Departemen Keuangan, Kantor Departemen Kesehatan, Gedung Ruang Pamer (show-room) mobil, dan lain-lainya merupakan bukti bahwa kelompok bangunan ini berpotensi untuk terjadinya kebakaran.

Potensi untuk terjadinya kebakaran itu sangat mungkin, mengingat bahwa di dalam kelompok bangunan ini terdapat sejumlah kegiatan penghuni yang erat kaitannya dengan sumber-sumber api, atau sekurang-kurangnya, terdapat unsur terjadinya api, seperti: material - merupakan bahan bakar -, panas, dan oksigen. Di samping itu, potensi terjadinya kebakaran juga dapat dipicu oleh faktor kurangnya pengetahuan dan kesadaran terhadap besarnya potensi bahaya kebakaran, faktor kelengahan serta faktor kelalaian para pengelola maupun para penghuni bangunan itu sendiri.

Situs yang diterbitkan sebagai suatu masukan bagi para pengelola ataupun penanggung jawab gedung, yang tujuannya semata-mata adalah agar potensi kebakaran pada setiap bangunan dan lingkungan dapat diminimalkan, sehingga terjadinya kebakaran dapat dihindari atau dicegah sedini mungkin.

Semoga.

Jakarta, 13 Februari 2013

H. Subejo SH, Msi.

Create Account



Log In Your Account