Sudin Gulkarmat Jakpus Siagakan Tim Penyelamat Hewan Saat Banjir

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat siap membantu melakukan penanganan atau evakuasi sebelum maupun sesudah bencana banjir.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, tak hanya warga, hewan peliharaan milik warga yang terdampak banjir juga menjadi perhatian pihaknya untuk dilakukan evakuasi maupun perawatan.

"Kami siap melakukan penanganan pra maupun pascabanjir. Salah satu persiapan kami yakni penyelamatan hewan yang terdampak banjir," ujar Asril, Kamis (2/12).

Dikatakan Asril, personel Sudin Gulkarmat telah dibekali pelatihan animal rescue seperti penanganan kucing, anjing, reptil, hingga monyet. Seperti penanganan pada kucing dan anjing dilakukan dengan pemberian makan dan lainnya. Namun untuk binatang monyet sedikit lebih sulit karena harus membuat hewan tersebut nyaman. Pihaknya juga sudah berkolaborasi dengan beberapa komunitas hewan.

"Penyelamatan hewan yang kita layani selama ini ada yang berpemilik dan tidak berpemilik. Bagi yang tidak berpemilik kita akan langsung menyerahkan ke beberapa komunitas atau warga yang ingin mengadopsinya. Untuk hewan berpemilik kita berpesan untuk terus menjaga hewannya, terutama saat banjir tiba untuk segera menyelamatkan peliharaannya di tempat yang aman," tandasnya.

Ditambahkan Asril, bagi warga yang membutuhkan penanganan untuk mengevakuasi hewan peliharaannya dapat menghubungi nomor 112 atau menghubungi Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat di nomor +62 21 634 4215.